[DAY 2 & 3] KE SINGAPURA CUMA 4 JUTA ALL IN ! (INCLUDE TIKET, OLEH-OLEH, PENGINAPAN, TEMPAT WISATA)

Tulisan ini adalah lanjutan dari FIRST DAY di Singapura kemarin.

Untuk cerita Budget Travel aku kemarin, sekarang aku mau tulis lanjutannya untuk kalian. Karena pas hari pertama kemarin udah lumayan abis banyak, aku juga udah hitung-hitung supaya bisa lebih hemat di hari kedua dan ketiga. Lagipula, di itinerary aku yang kemarin itu, untuk hari kedua dan ketiga engga ada jadwal khusus lagi. Nggak perlu lama-lama jelasin, aku langsung masuk aja ya ke jurnal hari kedua aku yang super hemat abis shayyy!

DESTINASI 1 : LIXIN TEOCHEW FISHBALL NOODLES
📍 1 Raffles Place #05-07, Food Junction Stall 5,
Singapore 048616

Hari kedua, aku dan temenku agak lelah setelah perjalanan yang panjang di hari pertama dan baru bangun sekitar jam 9 pagi. Jadi kira-kira untuk waktu gantian mandi plus dandan, ya baru keluar sekitar jam 11 siang & itu berarti udah waktunya cari makan siang. Seperti hari pertama, kita bawa bekal air minum botolan 600 ml yang udah kita isi di Apartemen tempat kita menginap. Tujuan pertama kita, cobain Li Xin Teochew Fishball Noodle. Kata salah satu temen aku, ini wajib dicoba di Singapura. Bermodalkan Google Maps, kita pun sampe di Foodcourt yang ada di Mall Raffles Place dan nggak pake lama, langsung mesen Fishball Noodle dengan harga SGD 4.5 (SGD 4.5 x 10.530 = IDR 47.385).  Sayangnya, mungkin aku agak salah pesen jenis mie atau jenis sausnya, sehingga untuk aku sendiri agak kurang Recommend untuk kalian cobain Fishball Noodle ini. Karena pesannya dengan Mie Kuning dan sausnya yang tomat banget, rasanya sendiri malah jadi seperti Spaghetti, agak terkesan tawar, dan untuk Fishballnya biasa banget. Cuma nilai plusnya si Fishballnya itu agak lembut sih (mungkin beberapa tipe orang bakal doyan Bakso Ikan yang selembut itu).

Setelah makan, aku nggak terlalu banyak jalan-jalan, dan kita cuma ngeliat-liat sekitaran One Raffles Place ini aja sampe kira-kira waktu udah menunjukkan Pkl. 15.00 dan kita udah mulai laper lagi dong (nggak tahu kebanyakan jalan jadi laper apa gimana). Sayangnya, pas itu, Singapura turun hujan yang cukup deras udah seperti hujan badai disertai petir yang bener-bener menyeramkan banget. Aku yang didalam Mall aja sampe kaget denger suara petirnya itu. Karena hujan dan nggak bisa jalan-jalan diluar, aku balik lagi mampir ke Don Don Donki yang aku kunjungi di hari pertama, karena temenku jadi tertarik beli ramen yang aku beli disana.

DESTINASI 2 : ORCHARD ROAD
Karena di Mall One Raffles Place ini ada MRT, ditambah diluar juga hujan deras, akhirnya kita pun menuju Mall City Square tempat si Don Don Donki ini berada. Dari Don Don Donki, setelah hujan udah mulai reda, sekitar jam 17.00, kita pun jalan-jalan iseng di sekitaran Orchard Road. Mengunjungi dan lihat-lihat Mall Ion Orchard, Takashimaya dan Lucky Plaza.

Lumayan kan ada spot foto lagi meski cuma di pinggiran Orchard Road 😝

Iseng-iseng cari cemilan, eh menemukan ada yang posting dan review kalo HEYTEA ini wajib dicoba di Singapura juga. Kebetulan letaknya ada di Mall Ion Orchard, langsung aja gercep cobain. Aku beli Bobo Ice Cream-nya seharga SGD 5 (SGD 5 x 10.530 = IDR 52.650), temen aku beli Boba Drinknya, aku lupa harganya berapa, kalau ga salah inget lebih mahal daripada Es Krimnya. Well, ini Ice Creamnya lembut dan nggak terlalu manis menurut aku, bobanya juga lembut banget dan cocok gitu sama si Es Krimnya, worth to try!

Dari Ion Orchard, aku mampir ke Lucky Plaza untuk cari Cokelat yang pengen dibeli sama temenku. pada akhirnya malah ikutan beli buat oleh-oleh.

Karena udah terlanjur digabungin jadi satu, sebenernya kronologinya itu, gambar pertama yang di Don Don Donki adalah makan malem aku di hari kedua. Jadi, aku makan kayak semacam Onigiri Set gitu seharga IDR 57.915. Lumayan enak karena ada salmon, karage, terus ada telur kayak telur yang di Ramen, dan Onigirinya isi semacam ayam teriyaki. Sayangnya, ini udah agak dingin, jadinya kurang lejit aja gitu pas dimakan. Aku yakin sih kalo ini panas pasti mantul abis rasanya. By the way, aku lupa sih, aku ada beli air minum di supermarket yang namanya Fair Price. Kalo kalian cari air minum murah di Singapura, mending mampir kesini. Ada satu air minum ukuran 1.5 Liter dan harganya cuma 0.75 SGD !!! Aku bisa bagi berdua sama temenku, (0.75 x 10.530) / 2 = IDR 3.949 masih worth it kan kalo air minum harga segitu.
Nah, untuk bon satunya yang di Chocolate Station itu, temenku beli Chocolate yang di cari-cari yaitu Toblerone Black. Karena pengen coba, aku juga ikutan beli satu sih, seharga IDR 36.855

DESTINASI 3 : GARDENS BY THE BAY (AT NIGHT)

Pasti banyak yang bingung, udah hari pertama ke Gardens by The Bay, kok hari kedua kesitu lagi? Jadi ini sebenarnya hasil kebingungan mau kemana lagi. Dikarenakan juga udah last night di Singapura, dan hari pertama itu kita nggak kedapetan lihat show lampu-lampu di pohon yang nyala-nyala, akhirnya kita mutusin untuk liat pemandangan malam aja menikmati Night at Singapore di malam terakhir kita disana. Lumayan juga karena masih bisa dapet foto-foto yang bagus banget, ditambah ngeliat cantiknya Singapura yang bersinar di tengah malam, menurut aku ini pengalaman yang menyenangkan sih. By the way, untuk lihat pohon-pohon ini itu FREE !! Kalau yang hari pertama kemarin, kenapa harus beli tiketnya, itu karena aku mau masuk ke Domenya yang isi tanaman-tanaman. Tapi kalo sekedar jalan-jalan kesini nikmatin pemandangan aja itu GRATIS TIS TIS!

Hari kedua aku habiskan melalui Jurnal yang aku tuliskan diatas, berikutnya kita mulai hari KETIGA.

DESTINASI 1 : HAWKER CHAN
📍 78 Smith St,
Singapore 058972

Nggak banyak foto-foto di daerah Chinatown, aku sekedar lihat-lihat dan nemenin temenku beli Obat China titipan mamanya. Kalo kata dia sih, obat disini lumayan murah-murah, tapi harus tetep hati-hati karena takutnya obatnya itu palsu. Tujuan pertama yang pasti sih makan siang di Hawker Chan. Katanya ini itu restoran Chicken Rice Michellin Star. Seporsi ini seharga SGD 5 (SGD 5 x 10.530 = IDR 52.650). Sorry to say, tapi aku tetap memilih Wee Nam Kee dibanding Hawker Chan ini. Sejujurnya ini enak, tetapi untuk bumbunya itu kurang meresap di dagingnya. Jadi seperti bumbunya itu hanya di bagian atasnya saja, dan nggak ngeresap sampe ke daging-dagingnya.

DESTINASI 2 : CLARKE QUAY

Berikutnya itu jalan-jalan lagi menelusuri Singapura di tengah teriknya matahari. Iseng ke wilayah Clarke Quay dan menemukan si gedung dengan jendela warna warni yang menarik perhatian banget. Gedung ini adalah Gedung Ministry of Information and Communication. Banyak banget orang-orang yang foto-foto disini, yang pasti gedung ini menarik minat buat foto banget karena warnanya yang super eyecatching.

DESTINASI 3 : CHANGI AIRPORT

Setelah jalan-jalan dari Clarke Quay, aku dan temenku kembali ke Toa Payoh untuk packing barang dan siap-siap menuju ke Bandara karena flight kita itu jam 9 malam. Kita balik dari jam 3 sore untuk packing.
Ini tips banget sih buat cewek rempong macem kita gitu yang bawa baju banyak & nggak punya bagasi, tapi tetep beli oleh-oleh.
Jadi, singkat cerita aku dan temenku itu takut berat dari tas dan koper kita itu lebih dari 7kg masing-masing, akhirnya kita dobelin pake baju untuk ke bandara. Aku sendiri pake tanktop, ditimpa pake dress, terus aku dobel kulot, dan pake outer lagi (kebayang ga si tebelnya udah kayak santa claus kemana-mana). Terus kebetulan kan saldo kartu MRT kita udah nggak cukup lagi sampe bandara, akhirnya kita beli yang kartu sekali pakai gitu. Dari MRT Toa Payoh ke Changi Airport cukup SGD 2.5 saja! (SGD 2.5 x 10.530 = IDR 26.325)

Begitu tiba di Bandara Changi, kita itu timbang tas kita masing-masing dulu, kebetulan di Terminal 2, sebelum gerbang check-in, ada timbangan yang bisa kita pakai secara gratis. Meskipun beratnya mepet (tas aku 6.9 kg), tapi effort aku dan temenku pake baju berlapis-lapis berguna juga. Setelah selesai check in dan udah dapat boarding pass, kita buru-buru ke WC dan menormalkan kembali baju-baju yang kita pakai berlapis-lapis itu dan dimasukin lagi ke koper masing-masing ✌

Setelah selesai check in, kita pun cari santapan malam di Airport dan menemukan semacam sop babi cincang gitu cuma seharga SGD 5 (SGD 5 x 10.530 = IDR 52.650)
Selesai makan, kita pun jalan-jalan di Changi, temenku ada beli Irvins dan Garret juga disana untuk oleh-oleh. Kemudian, waktu untuk boarding pun tiba.

Okeee guys, jadi itu tadi diatas adalah perjalanan aku 3 hari 2 malam ke Singapura dengan Budget yang terbatas untuk travel yaaa. Rekapannya :

1. Total Pengeluaran Hari Pertama : IDR 3.715.377
9. Dinner = IDR 52.650

TOTAL = IDR 4.045.756

Jadinya nggak bulet 4 JUTA Rupiah sih, tapi tetep masih 4 JUTA kan 😆
Ditambah udah plus oleh-oleh, semua udah bener-bener ALL IN nggak pake tambahan-tambahan ini itu. Sekian cerita Travelling kali ini! Terima kasih udah mampir ke Blog aku 💗

If you any further questions, don't hesitate to let me know by comment below. Thank you for visit my blog!